Senin, 10 Oktober 2011

BRI Pangkalan Bun Rekrut Calon Karyawan Baru

Penerimaan karyawan baru Bank BRI Pangkalan Bun diserbu peserta dari luar daerah. Ada yang berasal dari Sukamara, Banjarmasin, bahkan tidak sedikit yang berasal dari Pulau Jawa. Dalam rangka seleksi penerimaan karyawan baru tahun 2010, di penghujung Oktober ini, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kotawaringin Barat, kemarin menggelar psikotes.
Dari 280 pelamar, yang dinyatakan lolos seleksi atau memenuhi persyaratan administrasi sebanyak 165 orang.
Kemudian 165 peserta inilah yang mengikuti seleksi tahap kedua, yaitu psikotes di Aula Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).
Peserta berasal dari berbagai latarbelakang pendidikan. Peserta yang berlatarbelakang tingkat pendidikan sarjana Strata 2 (S-2) sebanyak 2 orang, Sarjana Strata 1 (S-1) sebanyak 50 orang, Diploma sebanyak 20 orang dan sisanya diisi lulusan Sekolah Menengah Atas.
Sudah menjadi kelaziman, peluang kerja yang ada di Pangkalan Bun ini mencari incaran pencari kerja dari daerah lain. Sama seperti para pencari kerja yang terdaftar di Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi.
Peserta psikotes Bank BRI ini tidak hanya berasal dari lingkungan Kobar saja, namun ada yang berasal dari Kabupaten Sukamara, Kotawaringin Lama, Banjarmasin bahkan dari Jawa.
Koordinator BRI Cabang Pangkalan Bun, Heny Sujono mengemukakan tes ini murni untuk menjaring karyawan yang berkualitas tanpa campur tangan pihak ketiga.
"Di sini tidak ada istilah titipan. Kalau ingin menjadi karyawan kami, harus mengikuti tes yang sudah kami tentukan. Mulai dari seleksi administrasi, psikotes, wawancara dan tes kesehatan."
Selain itu, dengan psikotes ini bisa terlihat bagaimana sifat, sikap dan kualitas dari masing-masing peserta. Psikotes ini berlangsung dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.
Wita, salah seorang petugas yang menjadi moderator dalam psikotes ini mengatakan, peserta akan melakukan beberapa tahapan psikotes.
"Waktunya 4 sampai 5 jam. Dibagi dua gelombang. Untuk peserta dengan no 1 - 83 masuk gelombang pertama. Sisanya masuk gelombang kedua. Psikotes ini tentang kemampuan pribadi dan sistem kerja," ungkap Wita.

Tes Menggambar
Dia menambahkan selain mengerjakan soal-soal psikotes pada umumnya, juga terdapat beberapa pertanyaan dan tes menggambar.
Nantinya dari 165 peserta yang mengikuti psikotes akan dijaring lagi untuk mengikuti tahap ketiga yaitu wawancara. Kemudian dipilah kembali untuk proses tes kesehatan. Pada tes kesehatan, akan dilakukan beberapa tes. Hal itu untuk mengetahui jenis penyakit baik yang ringan sampai yang berat.
Beberapa rangkaian seleksi ini, untuk menempati posisi Frontliner, Customer Service Kredit Usaha Rakyat (CS KUR) dan Mantri KUR.

http://borneonews.co.id/news/kotawaringin-barat/12-kobar/4529-bri-pangkalan-bun-rekrut-calon-karyawan-baru.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar